Penyebab Nyeri Haid Yang Tidak Boleh Di Abaikan

Penyebab Nyeri Haid – Salah satu hal yang paling menyebalkan saat menstruasi adalah rasa nyeri haid yang ditimbulkannya, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Penyebab Nyeri Haid

Nyeri hadi sendiri di tandai dengan rasa sakit atau kram pada perut bagian bawah, punggung bagian bawah, payudara, pinggul bahkan pada paha anda.

Anda mungkin mengalami rasa seperti di tekan, ngilu atau ditusuk-tusuk pada perut, bahkan pendarahan yang banyak juga bisa saja anda alami. Selain nyeri anda juga bisa merasakan sakit, pusing kepala, berkeringat, mual , muntah hingga mengalami diare.

Biasanya, nyeri haid selama menstruasi adalah hal yang normal, Namun jika Rasa Sakit yang di alami terasa berlebihan, bahkan sampai menyebabkan anda harus bolos kerja ataupun kuliah, atau membuat anda kesulitan dalam beraktivitas, mungkin di akibatkan oleh penyebab lain yang lebih serius.

Inilah Penyebab Nyeri Haid Yang Harus Anda Ketahui!!

Nyeri haid dapat di sebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari yang normal, hingga yang tidak normal dan memrlukan penanganan dokter. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab nyeri haid yang perlu kamu ketahui.

  • Sindrompramenstruasi (PMS). Sindrom ini normal terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi dimulai dan biasanya hilang setelah menstruasi terjadi.
  • Endometriosis. Kondisi medis yang terjadi karena sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh yang lain, biasanya di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul, sehingga menimbulkan rasa sakit.
  • Fibroidrahim. Merupakan tumor non-kanker yang dapat memberi tekanan pada rahim atau menyebabkan nyeri haid yang tidak normal.
  • Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai di rahim dan bisa menyebar ke organ reproduksi lainnya. Infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan radang pada organ reproduksi.
  • Adenomiosis. Merupakan kondisi langka di mana lapisan rahim tumbuh ke dinding otot rahim dan bisa terasa sakit karena menyebabkan pembengkakan dan tekanan.
  • Penyempitan serviks. Merupakan kondisi langka di mana serviks sangat kecil sehingga memperlambat aliran menstruasi, menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim sehingga menyebabkan rasa sakit.

Jadi , sekarang kamu sudah tahu ragam penyebab nyeri haid,kan ? Ternyata ada banyak penyebab nyeri haid yang mengancam jiwa dan memerlukan penanganan ataupun pengobatan sedini mungkin. Nah, untuk kamu yang belum mengalaminya, tetap jaga kebersihan selama haid ya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi nyeri haid ?

Untuk mengurangi nyeri haid, Anda perlu istirahat yang cukup, hindari kafein dan alkohol, hindari makanan yang mengandung garam berlebih, olahraga teratur, atau memijat bagian bawah punggung dan perut.

Atau juga bisa dengan mengompres punggung bagian bawah atau perut anda dengan handuk yang di celupkan ke air hangat atau dengan botol yang berisi air hangat.

Namun jika rasa nyeri saat haid tidak kunjung reda  kami rekomendasikan untuk anda obat pereda nyeri haid yang alami dan sudah banyak orang yang telah membuktikannya.

Untuk Informasi Lebih Lengkap Kunjungi Halaman Berikut Ini : Obat Herbal Nyeri Haid Paling Ampuh.

Demikianlah Onformasi terkait penyebab nyeri haid, semoga informasi sederhana ini bisa menambah pengetahuan anda. Sekian Dan Terimkasih.

Post By : Penyebab Nyeri Haid

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Mengatasi Nyeri Haid Dengan Bahan Alami Secara Cepat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*