Apakah Benar Duduk Terlalu Lama Menyebabkan wasir ?

Wasir sebenarnya bukan merupakan penyakit yang serius. Namun, kebanyakan orang malu untuk memeriksakan dirinya jika mempunyai wasir, sehingga lama kelamaan akan semakin parah. Selain itu wasir jug dapat menimbulkan ketidaknyamanan, orang yang memiliki wasir biasanya tidak suka duduk terlalu lama. Bahkan ada juga yang bilang bahwa Duduk Terlalu Lama Menyebabkan wasir. apa ini benar ??

Untuk mengetahui Benar atau tidaknya mari kita simak informasinya hingga selesai. Namun disini alangkah lebihbaiknya untuk mengetahui penyakit wasir itu sendiri.

Duduk Terlalu Lama Menyebabkan wasir

 

Wasir merupakan kondisi dimana aadanya pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah vena di bagian luar anus atau rektum. Banyak hal yang bisa menyebabkan wasir. namun pada umumnya wasir diseavkan karena kesulitan saat buang air besar.

Beberapa faktor penyebab wasir ialah :

  • Sembelit atau diare kronis. Masalah pada saat buang air besar inilah yang membuat anda harus berusaha membuat banyak geraan usus selama buang air besar. Sehingga, pembuluh darah di sekitar anus dan rektum harus bekerja lebih keras.
  • Mengejan terlalu keras saat BAB. Hal inilah yang menyebabkan adaanya tekanan pada rektum, sehingga pembuluh darah di sekitar rektum membesar dan bengkak.
  • Terlalu lama buang air besar. Hal ini membuat pembuluh darah di sekitar anus lebih banyak terisi darah, sehingga dapat menempatkan tekanana pada oembuluh darah.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Putih Untuk Wasir

Apakah benar duduk terlau lama menyebabkan wasir?

Duduk terlalu lama menyebabkan wasir, apa iya ? Menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama di depan komputer atau Tv dapat menandakan bahwa anda mempunyai gaya hidup yang sedenter. Hal ini akan menyebabkan anda mengalami kenaikan berat badan dan akihirnya kegemukan.Nah, kegemukan ini merupakan salah stau faktor risiko wasir.

Jika dalam jangka waktu waktu yang lama anda dalam keadaan duduk atau mempunayi gaya hidup sedenter juga dapat menyebabkan anda mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar. Hal itulah yang akan mennyebabkan anda terlalu lama menghabiskan waktu di toilet.

Tahukah anda ? sembelit inilah yang akan membuat anda terus mengejan dengan keras saat buang air besar, hal tersebut dapat membuat anda menempatkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah vena disekitar anus. Sehingga akhirnya anda dapat mengalami wasir.

Jadi, duduk terlalulama dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko wasir secara tidak langsung, terutama saat anda duduk lama di toilet. Selalu sempatkan utuk berolahraga ringan, berjalan kaki, atau sekedar melakukan peregangan

Bagaimana Cara mencegah Wasir ?

Jikaanda tidak ingin mengalami wasir, maka sebaiknya hindari duduk dalam jangka waktu yang lama, lakukan banyak gerak, dan olahraga setiap harinya. Jadikan ahri anda lebih aktif!

Hal lain yang dapat anda lakukan untuk mencegah wasir adalah :

  • Minum air puih yang banyak
  • Makan makanan yang berserat dalam sehari
  • Jangan pernah menahan atau menulur waktu saat ingin buang air besar
  • Jangan tegang atau menahan napas (mengejan) saat buang air besar

Wasir memang penyakit yang cukup mengganggu. Sebaiknya kebiasaan duduk dalam jangka waktu yang lama segera dihindari agar tidak menjadi lebih aparah. Semakin cepat di obati, maka penyakit tersebut akan segera hilang dan sembuh. Perlu diingat bahwa pola hidup sehat adalah cara yang paling baik untuk mengatasinya.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan smoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengatahuan anda.

post by :

Obat Wasir Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*